Toyota Sienta, nama itu memang terbilang asing dinegara Indonesia, hal ini memang terbilang wajar karena Toyota Sienta ini sendiri belum hadir di Indonesia, namun diperkirakan beberapa waktu lagi Toyota akan hadir untuk meramaikan pasar otomotif Indonesia. Hadirnya Toyota Sienta ini tentunya menjadi angin segar bagi pasar otomotif Indonesia, Toyota sendiri mengklaim Toyota Sienta ini bukan hanya sekedar mobil Multi Purpose Vehicle ( MPV ) melainkan mobil Multi Activity Vehicle ( MAV ) Toyota Sienta ini diperkirakan akan hadir dengan 2 varian mesin yaitu mesin dengan bahan bakar bensin dan hybird, lalu Toyota Sienta ini diperkirakan akan hadir dengan 4 tipe berbeda, yaitu Toyota Sienta tipe E, G, V dan Q .ditambah lagi dengan fitur – fitur canggih yang terdalamnya membuat Toyota Sienta ini akan cukup laris dikalangan mobil MPV lainnya, diperkirakan Toyota Sienta ini juga memiliki kisaran harga yang cukup terjangkau untuk mobil jenis MPV lainnya yaitu berkisar sekitar 200 jutaan.

Desain Toyota Sienta

Desain Toyota Sienta Desain Toyota Sienta

Toyota Sienta ini memiliki desain Eksterior yang cukup mewah dan elegan, pada bagian bodi Toyota Sienta ini memiliki kesamaan dengan Honda Freed yang lebih dahulu hadir di Indonesia, yakni bagian bodi dilengkapi dengan Slinding Doors yang memiliki Dual Power yang membuat penumpang lebih mudah untuk membuka pintu. Dan pada bagian bodi samping dan belakang lebih terlihat boxi sehingga ruang kabin terlihat lebih luas . Pada bagian depan Toyota Sienta ini memiliki grill yang terlihat cukup mirip dengan Toyota Yaris sehingga membuat Toyota Sienta ini terlihat lebih modern.

Desain Toyota Sienta Desain Toyota Sienta

Toyota Sienta ini juga menggunakan lampu Fog yang memiliki bentuk bundar yang terlihat selaras dengan bumper dan front grill . terdapat pula Headlamp yang menggunakan lampu LED disertai leveling . pada bagian belakang juga menggunakan lampu LED yang dipadukan dengan lampu rem bewarna yang berwarna merah yang terlihat melingkap ditiap sisinya dari lampu belakang tersebut . dengan dimensi yang memiliki ukuran panjang 4. 235 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.675 mm yang membuat Toyota Sienta ini memiliki bentuk yang sangat panjang dan berdesain yang terlihat unik.

Desain Toyota Sienta

Interior Toyota Sienta

Interior Toyota Sienta

Pada bagian Interior dari Toyota Sienta ini juga didesain tak kalah menariknya, dengan desain kabin yang luas membuat penumpang dapat mengerakkan tubuhnya ketika merasa kaku saat melakukan perjalanan yang jauh . terdapat pula fitur – fitur canggih seperti layar LCD dan layar TFT, multi information display yang terletak dibalik kemudi mobil terdapat pula head unit touch screen berukuran 4,2 inch. Toyota Sienta juga memiliki 3 baris kursi yang dapat menampung hingga 7 orang penumpang, pada kursi kedua memiliki model captain seat dan pada kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat sehingga membuat barang bawaan yang dibawa dapat lebih banyak lagi . dinegara asalnya yakni Jepang Toyota Sienta juga terdapat fitur yang dapat membawa kursi roda.

Interior Toyota Sienta Interior Toyota Sienta Interior Toyota Sienta

Warna Toyota Sienta

Interior Toyota Sienta

Toyota Sienta ini sendiri memiliki beberapa varian warna yang membuat desain Eksterior dari Toyota Sienta ini menjadi lebih sporty dan unik, beberapa varian tersebut antara lain :

  • Attitude Black Mica Metallic
  • Dark Brown Mica Metallic
  • Gray Metallic
  • Orange Metalic
  • Quartz Brown Metallic
  • Silver  Metallic

Fitur Toyota Sienta

Fitur Toyota Sienta Fitur Toyota Sienta

Toyota Sienta ini sendiri tidak hanya memiliki desain Eksterior dan interior yang terbilang mewah dan unik, namun Toyota Sienta ini sendiri memiliki fitur –fitur canggih didalamnya yang semakin memberikan kenyamanan bagi penumpang dan pengemudi.

Fitur Toyota Sienta Fitur Toyota Sienta

 

Fitur – fitur tersebut seperti stability control, Hill Start Assist ( HSA ) dan ISOFIX pada bagian tempat duduk anak yang terdapat dibaris kedua. Terdapat pula 2 Din Head yang memiliki kualitas audio yang sangat baik, dibawah Head Unit juga terdapat pengaturan AC dan disampingnya juga terdapat pengaturan gigi transmisi .  untuk dinegara asalnya yakni Jepang Toyota Sienta juga terdapat fitur yang dapat membawa kursi roda . terdapat pula 3 buah kursi yang dapat menampung hingga 7 orang penumpang . Toyota Sienta ini sendiri juga dilengkapi dengan Auto AC Digital, Keyless Entry, Smart Start Button system, sliding door otomatis, laci pada bagian bawah bangku ( seat under tray ) dan Leather Steering Whel + Steering Switch .

Fitur Toyota Sienta Fitur Toyota Sienta

Untuk sistem pengeremannya Toyota Sienta memiliki sistem pengereman yang bisa dikatakan terbaik saat ini, yaitu sistem pengereman Toyota Sienta dilengkapi dengan Antilock Brake System ( ABS ) dan  EBD yang merupakan perangkat keamanan yang wajib ketika berkendara .serta sistem pengereman Toyota Sienta juga memiliki Vehicle Stability Control ( VSC ). Terdapat pula 6 buah airbag yang melindungi penumpang dan pengendara ketika terjadi kecelakaan atau benturan . Toyota Sienta juga telah dilengkapi dengan fitur Precollision System ( PCS ) yang berfungsi mengatur sistem pengereman, dan terdapat pula fitur Lane Departure Alert ( LDA ) dan Automatic High Beam ( AHB ).

Fitur Toyota Sienta Fitur Toyota Sienta

Tipe / Jenis Toyota Sienta

Toyota Sienta ini sendiri memiliki beberapa tipe atau jenis, yaitu Toyota Sienta tipe E, G, V, dan Q . Tipe – tipe tersebut memiliki perbedaan – perbedaan yang cukup mencolok seperti pada transmisi, untuk Toyota Sienta tipe E menggunakan sistem transmisi MT, untuk Toyota Sienta tipe G dan V menggunakan sistem transmisi MT/CVT dan untuk Toyota Sienta menggunakan sistem transmisi CVT .Toyota Sienta tipe E, G dan V menggunakan Headlamp Hallogen Projection with Levelling, sedangkan untuk Toyota Sienta tipe Q menggunaka Headlamp Bi – Beam LED + Auto Leveling. Toyota Sienta tipe E tidak menggunakan Foglamp, sedangkan untuk Toyota Sienta tipe G, V, dan Q menggunakan Foglamp. Untuk Toyota Sienta tipe E menggunakan velg Steel 15 inch + cover, dan untuk Toyota Sienta tipe G dan V mwnggunakan velg Alloy 15 inch, sedangkan untuk Toyota Sienta tipe Q menggunakan Velg Two tone 15 inch . untuk AC pada Toyota Sienta tipe E dan G menggunakan Ac Analog sedangkan untuk Toyota Sienta tipe V dan Q menggunakan AC Digital + Double Blower . Sedangkan untuk Speedometer pada Toyota Sienta tipe E dan G menggunakan Monochrome MID dan untuk Toyota Sienta tipe V dan Q menggunakan TFT LCD 4,2 inch MID . untuk entertainement, toyota Sienta tipe E menggunakan entertainement Double DIN, sedangkan untuk toyota Sienta tipe G, V dan Q menggunakan entertainement  5,6 inch touchscreen MP3 CD USB Bluetooth Miracast Airgestur . untuk keamanan Toyota Sienta tipe E menggunakan Remote alarm, sedangkan pada Toyota Sienta tipe G, V, dan Q menggunakan Remote alarm + imobilizer . Toyota Sienta tipe E dan G menggunakan Key type Jack Knife, sedangkan untuk Toyota Sienta tipe V dan Q menggunakan Key type Keyless + push start/stop button. Toyota Sienta tipe E menggunakan sliding doors manual, Toyota Sienta tipe G menggunakan sliding doors electric left side, sedangkan untuk Toyota Sienta tipe V dan Q meggunakan sliding doors electric sliding doors . untuk Toyota Sienta tipe E. G dan V memiliki interior color White and beige, sedangkan untuk Toyota Sienta tipe Q memiliki interior color dark brown. Terakhir untuk Toyota Sienta tipe E tidak menggunakan Parking sensor, namun untuk Toyota Sienta tipe G, V, dan Q menggunakan parking sensor.

Perbedaan Tipe – tipe Toyota Sienta
Pembeda Tipe
E G V Q
Transmisi MT MT/CVT CVT
Headlamp Hallogen Projection with levelling Bi – Beam LED + auto levelling
Foglamp No Yes
Velg Steel 15” + cover Alloy 15” Two tone 15”
Ac Analog Digital + double blower
Speedometer Monochrome MID TFT LCD 4.2” MID
Entertainement Double DIN USB CB MP3 5.6” touchscreen MP3 CD USB Bluetooth Miracast, Airgesture
Security Remote alarm Remote alarm + immobilizer
Key type Jack knife Keyless + push start/stop button
Sliding doors Manual Electric left side Electric sliding doors
Interior color White and beige Dark brown
Parking sensor No Yes

 

Spesifikasi Toyota Sienta

Setelah mengetahui berbagai fitur yang terdapat didalam Toyota Sienta tersebut, akan lebih lengkap jika pengguna dapat mengetahui spesifikasi dari Toyota Sienta ini secara lebih mendetail . Berikut spesifikasi dari Toyota Sienta tersebut :

 

Spesifikasi Toyota Sienta
Versi Standar
  • Mesin : L4 DOHC 16-valve VVT-iE Engine with Start Stop System
  • Kapasitas Silinder : 1.496 cc
  • Daya Maksimum : 109 Ps/6000 rpm
  • Torsi Maksimum :  136 NM/4400 rpm
  • Dimensi : 4,235 x 1,695 x 1,675 mm
  • Transmisi :  Super CVT-i
  • Konsumsi BBM : 20.2 km/L
  • Ukuran Ban : 195/50 R16 Alloy Wheel
Versi Hybrid
  • Mesin : L4 DOHC 16-valve VVT-iE Engine with Start Stop System
  • Kapasitas Silinder : 1.497 cc
  • Daya Maksimum : 74 Ps/4800 rpm
  • Torsi Maksimum :  111 NM/4400 rpm
  • Dimensi : 4,235 x 1,695 x 1,675 mm
  • Electric Motor : Synchronous Alternating Current Motor (Permanent Magnet Type
  • Transmisi : Electronically Controlled CVT
  • Konsumsi BBM : 27.9 km/L
  • Ukuran Ban : 195/50 R16 Alloy Wheel
Fitur
  • 7 Kapasitas Tempat Duduk
  • Pintu Slider
  • Hill Start Assist (HSA)
  • ISOFIX
  • ABS + EBD
  • Airbags
  • Pre-Collision System (PCS)
  • Lane Departure Alert (LDA)
  • Automatic High Beam (AHB)

 

Spesifikasi Toyota Sienta

Setelah kita mengetahui perbedaan setiap tipe – tipe Toyota Sienta, kini kita akan menggeledah spesifikasi mobil ini. Mari kita simak tabel di bawah ini :

Spesifikasi Toyota Sienta

 

Mesin
  • Engine type : 2NR-FKE, L4 DOHC  16-valve Dual VVT-iE, engine Start Stop System
  • Displacement : 1496cc
  • Maximum power : 109 PS @ 6000 rpm
  • Maximum Torque : 136 Nm @ 4400 rpm
  • Carburettor : Fuel Injection
Transmisi
  • Transmission system : Super CVT-I
Dimensi
  • Overall length : 4235 mm
  • Overall width : 1695 mm
  • Overall height : 1675 mm
  • Wheel base : 2750 mm
  • Fuel tank capacity : 20.2 litres
Rangka / Suspensi
  • Front suspension system : Machpherson strut
  • Rear suspension system : Torsion Beam
  • Drive System : Front Wheel Drive
Pengereman
  • Front brake : Ventillated Disc
  • Rear brake : Ventillated Disc
Ban
  • Tyre / Wheel Size : 195/50 R16 Alloy Wheels
Eksterior
  • Double Electric Sliding Doors (Remote Control Power Doors with Ine Touch Electric Sliding Door Open, Auto-closure Function and Jam Protection
  • LED Headlamps
  • Front Fog Lamps
  • Auto On / Off LED Headlamps with Levelling
  • Trafficator
  • Power Adjustable and Retractable Door Mirrors
Interior
  • Leather Steering Wheel and Shift Lever
  • Third Row Seat With Dive Down Mechanism
  • Sliding mechanism for second row seats
  • 4.2 inch TFT Multi-information Display
  • Automatic Climate Control System
  • 50/50 Split Tumble Second Row Seatsbacks
  • With Smart Entry and Push Start System
  • Fabric Seat
Keamanan
  • Dual SRS Airbags + Front Seatbelts with Pretensioner and force limiter
  • ISOFIX Child Restraint System
  • Rear Soors with Shild Safety Lock
  • 3-point ELR Seatbelt for All Seats
  • ABS + EBD + BA
  • Vehicle Stabillity Control System VSC

 

Teknologi Mesin Toyota Sienta

Toyota Sienta ini sendiri tidak hanya memiliki desain eksterior yang unik dan desain interior yang elegan,namun Toyota Sienta ini juga memiliki teknologi mesin yang tangguh, dengan 2 varian mesin yakni mesin standar dan hybird membuat Toyota Sienta ini sendiri memiliki performa yang tangguh . untuk mesin standar dari Toyota Sienta ini menggunakan teknologi mesin L4 DOHC 16 – valve VVT-IE dengan kapasitas 1.496 cc, mesin tersebut mamou menghasilkan daya hingga 109 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal 136 Nm pada 4.400 rpm, mesin tersebut trgolong irit bahan bakar karena hanya memerlukan 1 liter untuk menempuh jarak 20,2 km. Dan untuk transmisi mesin ini menggunakan trasnmisi supe CVT-i .  Sedangkan untuk mesin Hybird Toyota Sienta ini sendiri menggunakan teknologi mesin L4 DOHC 16 – valve VVT-i dilengkapi dengan start stop engine dengan kapasitas 1.497 cc. Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal 74 PS pada putaran mesin 4.800 rpm dengan torsi 111 Nm pada 4.40 rpm, mesin tersebut lebih irt dari pada mesin standar yakni hanya memerluka 1 liter untuk menempuh jarak 27,9 km . lalu untuk transmisi mesin ini menggunakan teknologi Electronically Controlled CVT yang dilengkapi dengan Motor electric yang berteknologi Synchronous Alternating Current Motor.