Toyota Hiace merupakan salah satu MicroBus yang tengah beredar di Indonesia. MicroBus milik Toyota ini pertama kali muncul keperadaban pada tahun 1980-an silam. Sejak awal peluncurannya, Toyota Hiace mendapatkan respon positif dari pecinta otomotif di Indonesia terutama untuk kalangan businessman. Jika dilihat dari segmentasi yang di garapnya, Toyota Hiace sangat cocok di gunakan sebagai alat transportasi umum seperti bisnis travel. Hingga saat ini, Toyota telah menghadirkan generasi terbaru dari MicroBus miliknya. Generasi terbaru dari Toyota Hiace ini mendapatkan pembaruan baik dari segi desain eksterior, interior dan lain sebagainya. Pembaruan – pembaruan tersebut di lakukan guna memenuhi kebutuhan para konsumen yang tak terbatas. Seperti apakah generasi terbaru dari Toyota Hiace ini ? Untuk mengenal lebih jauh generasi terbaru dari MicroBus besutan Toyota ini, mari simak ulasan di bawah ini.

Desain Toyota Hiace

 

Desain Toyota Hiace lebih di khususkan untuk pengguna bisnis seperti bisnis angkutan umum. Maka tak heran bila MicroBus ini memiliki body yang cukup bongsor. Tampilan generasi terbaru dari Toyota Hiace cukup menarik dan lebih fresh. Hal ini dapat kita lihat pada bagian fascia depan terdapat Headlamp dengan ukuran yang cukup besar. Headlamp ini di padukan dengan front bumper dengan jarak ketanah yang cukup tinggi sehingga memenuhi syarat kenyamanan dalam mengendarai MicroBus.

 

Beralih kebagian body samping kita akan menemukan fitur Sliding Door sehingga MicroBus ini tampil sangat menawan di kelasnya. Sementara itu pada bagian body belakang terdapat Rear Combilamp yang memberikan penerangan lebih jelas kepada pengguna lain yang berada di belakang. Secara keseluruhan, tampilan MicroBus milik Toyota ini memenuhi syarat sebagai mobil angkutan umum.

Interior Toyota Hiace

Jika desain eksterior Toyota Hiace tak semenawan mobil Sport, berbeda ceritanya jika kita melihat ruang kabin MicroBus ini. didalam ruang kabin, kita akan menemukan berbagai fitur dan kelengkapan yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan pengguna baik pengemudi maupun seluruh penumpang.

 

Toyota menyematkan fitur karaoke keluarga didalam ruang kabin sehingga para penumpang tidak akan merasa bosan selama dalam perjalanan. Selain itu, ruang kabin MicroBus ini telah dilengkapi dengan 16 jok yang telah di balut dengan material berkualitas tinggi. Meskipun memiliki jok yang banyak, Toyota Hiace tetap tidak mengurangi rasa nyaman setiap pengguna ketika berada di dalam ruang kabin MicroBus ini.

 

Warna Toyota Hiace

Toyota menawarkan 3 pilihan warna untuk MicroBus miliknya ini. Ketiga pilihan warna tersebut yaitu :

  • Dark Blue Metallic
  • Silver Metallic.
  • White

Fitur Toyota Hiace

  

Sebagai mobil perniagaan, fitur keamanan dan keselamatan merupakan salah satu hal yang paling dipertimbangkan. Hingga saat ini, tak ada para pengguna yang menginginkan terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Toyota menyemtakan fitur keamanan dan keselamatan pada MicroBus miliknya ini. Fitur – fitur tersebut berupa Dual Front SRS AirBags, ABS, BA, dan TRC.

  

Tipe / Jenis Toyota Hiace

Mobil yang hadir untuk menjajal pangsa pasar MicroBus ini hadir dengan 2 tipe yaitu Toyota Hiace High Grade dan Toyota Hiace Commuter. Untuk melengkapi kebutuhan bisnis, ke dua tipe Toyota Hiace memiliki kelebihan dan kekurangan yang di sesuai dengan harganya. Sebagai mobil MicroBus, Toyota Hiace menghadirkan berbagai kelebihan yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Secara keseluruhan, tipe – tipe Toyota Hiace memiliki spesifikasi yang sama. Spesifikasi yang sama ini dapat di rasakan pada sektor mesin yaitu sama – sama menggunakan mesin berkapasitas 2.494 cc yang memiliki 16 katup pada 4 cylinder berteknologi DOHC D-4D dan telah mendukung teknologi Bahan Bakar Common Rail berbasis Diesel yang di gerakan dengan transmisi manual 5 percepatan, sehingga mampu menghasilkan Power dan Torsi bertenaga serta mampu menghemat konsumsi bahan bakar.

Selain memiliki kesamaan pada sektor jantung pacu, ke dua tipe Toyota Hiace juga memiliki kesamaan pada sektor sasis dan dimensi. Mobil MicroBus ini sama – sama menggunakan suspensi depan Doubel Wishbone with Stabilizer, suspensi belakang Leaf Spring Rigid Axle, rem depan Ventilated Disc with Floating Calyper 1-Cylinder, rem belakang Leading Trailing Drum Brake, ukuran ban 195 R15C Steel with Full Wheel Cap & Ground Tire. Untuk ukuran dimensi, ke dua tipe Toyota Hiace hadir dengan ukuran yang sama yaitu Overall Panjang mencapai 5.380 mm, Overall Lebar mencapai 1.880 mm, Overall Tinggi mencapai 2.285 mm, Jarak Poros Roda mencapai 3.110 mm, Jarak Pijak Depan mencapai 1.655 mm, Jarak Pijak Belakang mencapai 1.650 mm, dan Berat Kosong mencapai 2.145 kg.

Meskipun memiliki persamaan pada sektor utama sebagai MicroBus, ternyata Toyota masih memberikan perbedaan pada visualnya. Perbedaan tersebut dapat terasa pada sektor desain eksterior, suasana dan desain ruang kabin serta fitur keamanannya. Pada sektor desain eksterior, ke dua tipe Toyota Hiace hadir dengan tampilan yang pada umumnya sama saja. Seperti yang telah di jelaskan pada point Desain Toyota Hiace tersebut di atas, ke dua tipe MicroBus ini sama – sama memiliki Headlamp dengan ukuran yang besar dan di padukan bersama front bumper dengan jarak yang cukup tinggi dengan tanah. Pada body samping, ke dua tipe ini sama – sama memiliki fitur Sliding Door pada pintu tengah. Dan pada bagian belakang terdapat Rear Combilamp menyerupai persegi panjang dengan tampilan yang lebih ergonomis. Akan tetapi, pada sektor desain eksterior ini, Toyota Hiace Commuter tampil lebih unggul, karena tipe ini telah memiliki Foglamp (lampu kabut) sehingga semakin memudahkan pengemudi dalam mengendarai MicroBus ini.

Sekarang kita coba masuk ke dalam ruang kabin MicroBus ini. Ketika pertama kali memasuki ruang kabin baik pada pintu depan maupun pintu tengah, kita akan melihat banyaknya jok yang berbaris kebelakang dengan jumlah semua jok mencapai 16 unit. Hal ini di rasa sangat cocok karena Toyota Hiace hadir khusus sebagai MicroBus yang dapat di gunakan untuk membawa banyak penumpang. Pada ruang kabin ini akan kita temukan perbedaan yang cukup banyak pada setiap tipe – tipe Toyota Hiace. Perbedaan pertama dapat terlihat pada desain Dashboard yang mana tipe High Grade memiliki Dashboard berwarna Board Grey sedangkan tipe Commuter memiliki Dashboard berwarna Moulded yang di combinasikan dengan Upper Garnish. Untuk meningkatkan rasa nyaman di dalam ruang kabin, Toyota menyematkan Air Conditioner pada MicroBus ini. Untuk tipe High Grade hanya tersedia AC pada bagian depan sedangkan untuk tipe Commuter telah tersedia AC pada bagian depan dan belakang. Selain itu, setiap tipe Toyota Hiace hadir dengan fitur entertainmen yang menggunakan audio unit sama. Tetapi perbedaan akan terasa pada bagian output audio nya yang mana output audio untuk tipe High Grade di topang dengan 4 unit speaker sedangkan untuk tipe Commuter di topang dengan 6 unit speaker. Toyota Hiace Commuter sebagai tipe tertinggi kembali mendapatkan fitur dan kelengkapan yang lebih mewah. Berdasarkan data yang kami dapat di laman resmi Toyota Indonesia, Toyota menyematkan fitur dan kelengkapan yang hanya terdapat pada tipe tertinggi khususnya pada sektor interior. Fitur – fitur dan kelengkapan tersebut berupa Power Window, Power Door Lock, dan Sandaran kepala pada jok baris ke dua dan baris ke tiga. Dengan demikian, Toyota Hiace Commuter dapat memberikan tingkat kenyamanan yang lebih terhadap penggunanya.

Sekarang kita lirik kebagian fitur keamanan dan keselamatan. Disini terdapat pula perbedaan antara kedua tipe Toyota Hiace. Pertama – tama, Toyota Hiace Commuter telah di sematkan fitur Window Defogger dan SRS AirBags pada jok baris pertama tepatnya di bagian Driver + Passenger. Fitur ini belum tersedia pada tipe Toyota Hiace High Grade. Kemudian, Toyota Hiace Commuter juga telah mendukung sistem pengereman ABS dan BA sehingga tingkat keselamatan dalam berkendara semakin terjamin. Fitur ini pun belum tersedia untuk tipe Toyota Hiace High Grade. Selain perbedaan yang telah terpapar jelas pada ulasan di atas, ke dua tipe Toyota Hiace juga memiliki perbedaan harga yang hampir menyentuh angka 35 juta rupiah. Untuk mengetahui harga MicroBus ini, selengkapnya akan kami bahas pada akhir tulisan ini. Dan berikut telah kami susun perbedaan ke dua tipe Toyota Hiace pada tabel di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Toyota Hiace
Pembeda Tipe
High Grade Commuter
Foglamp Ya
Dashboard Color Board Grey Moulded + Upper Garnish
Speaker 4 Unit 6 Unit
Air Conditioner Front Cooler Front + Rear Cooler
Power Window Ya
Power Door Lock Ya
Sandaran Kepala pada Jok Ya, Baris ke 2 dan Baris ke 3
SRS AirBags Front (Driver & Passenger)
ABS Ya
BA Ya
Window Defogger Ya

 

Spesifikasi Toyota Hiace

Sebagai MicroBus andalan pada businessman, Toyota Hiace menghadirkan fitur – fitur yang sangat lengkap untuk meningkatkan rasa nyaman pengguna selama perjalanan. Perbedaan – perbedaan yang terdapat pada setiap tipe Toyota Hiace telah kita ulas tuntas pada point tipe / jenis Toyota Hiace tersebut di atas. Meskipun memiliki perbedaan, Toyota tetap memberikan spesifikasi utama yang sama kepada kedua tipe Toyota Hiace ini terutama pada sektor performa, dimensi, sasis, dan beberapa fitur keamanan, kenyamanan dan keselamatan lainnya guna meningkatkan kualitas dari MicroBus tersebut. Berikut ini telah kami susun spesifikasi MicroBus milik Toyota ini pada tabel berikut :

Spesifikasi Toyota Hiace

Mesin  

  • Seri  mesin : D-4D
  • Kapasitas Silinder : 3456
  • Sistem Suplay Bahan bakar : common rail
  • Daya Maksimum : 102 Ps/6200 rpm
  • Torsi Maksimum :  300 NM/4700 rpm
  • Diameter X Langkah : 94.0 x 83.0

 

 

Dimensi

 

  • Panjang : 5.380 mm
  • Lebar :  1.880 mm
  • Tinggi : 2.285 mm
  • Jarak Pijak depan/belakang : 1575/1..570 mm
  • Jarak Poros Roda : 3000 mm
  • Jarak Terendah : 180 mm
  • Kapasitas Tangki : 70 L
  • Berat : 2300 kg

 

Suspensi / Kaki-Kaki  

  • Suspensi Depan : Double Wishbone
  • Suspensi Belakang : Leaf Spring Rigid Axel
  • Rem Depan : Ventilated Disc
  • Rem Belakang : Leading-Trailing drum
  • Ukuran Ban : 265 / 65 R17

 

Eksterior Dan Interior
  • Pintu Slider
  • Foglamp
  • Frontlamp
  • Audio
  • Steering Wheel
  • A/C
  • Sunroof
  • DVD Portable
  • LED lamp in Cabin

 

Teknologi Mesin Toyota Hiace

Untuk menunjang laju kendaraan, Toyota menggunakan jantung pacu dengan nomor seri D-4D yang memiliki kapasitas 2.5L. Mesin ini memiliki 16 katup pada 4 silinder segaris dan telah mendukung teknologi DOHC. Toyota mengklaim bahwa MicroBus miliknya ini mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 102 PS pada putaran mesin 3.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 300 Nm pada putaran mesin 1.200 rpm. Selain itu, Toyota Hiace juga telah mendukung fitur Common Rail sehingga mampu menghemat konsumsi bahan bakar. Total daya tampung tangki bahan bakar Toyota Hiace mencapai 70 Liter sehingga mobil ini sangat sesuai di ajak menempuh perjalanan yang sangat jauh.