Toyota Camry merupakan mobil sedan kelas premium yang sudah mengglobal. Mobil yang di ciptakan oleh Toyota ini menyasar pangsa pasar kelas atas. Pada mulanya, Toyota Camry di khususkan untuk pasar Amerika Serikat dan Australia. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya permintaan dari berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, kini Toyota Camry hadir memenuhi permintaan pasar. Toyota pertama kali meluncurkan mobil sedan high class miliknya ini pada tahun 1997 silam dan bertahan hingga saat ini. Untuk generasi terakhirnya di produksi dan di luncurkan pada tahun 2015 silam. Mobil sedan high class milik Toyota ini sangat di gemari oleh banyak orang termasuk di Indonesia. Berbekal tampilan yang sangat premium dan tenaga jantung pacu yang stabil dan bertenaga, maka tak heran bila mobil sedan high class ini mampu mencuri perhatian banyak orang. Seperti apakah kemampuan mobil sedan high class milik Toyota ini  ? Untuk selengkapnya, mari simak ulasan berikut.

Desain Toyota Camry

Desain Toyota Camry

Toyota Camry memiliki tampilan yang sangat aerodinamis, sporty dan sangat mewah ala mobil – mobil class premium. Di sisi eksterior, Toyota Camry memiliki tampilan fascia depan yang sangat elegan. Pada bagian depan akan kita temui grill yang terpisah menjadi 2 bagian yaitu baigan atas (terdapat emblem Toyota dan beraksen chrome) dan bagian bawah yang jaring – jaring dari bahan metal dan di desain dengan kerapatan maksimal sehingga menghasilkan tekstur yang sangat sporty dan futuristik. Secara keseluruhan, tampilan eksterior Toyota Camry sangat menawan dan sporty bahkan dapat kami katakan sebagai mobil sedan high class berdesain eksterior terbaik.

Desain Toyota Camry

Interior Toyota Camry

Interior Toyota Camry

Tak berbeda jauh dengan bagian eksterior, pada bagian interior Toyota Camry mampu menghadirkan rasa nyaman terbaik untuk penggunanya. Material yang di gunakan untuk ruang kabin sangat berkualitas tinggi. Tak hanya itu saja, perpaduan aksen warna gelap dan terang turut memperindah tampilan ruang interior mobil sedan high class ini. Pada bagian dashboard, kita akan menemukan banyak panel yang di tata rapi. Toyota juga tak lupa menyematkan Moonroof yang dapat di gunakan pengemudi maupun penumpang untuk menikmati pemandangan langit ketika dalam perjalanan. Toyota Camry menggunakan desain interior berkonsep Roomy yang mana mampu menghadirkan kenyamanan yang optimal untuk siapapun yang berada di dalamnya.

Interior Toyota Camry Interior Toyota Camry

Warna Toyota Camry

Warna Toyota Camry

Sebagai mobil sedan high class, Toyota menyediakan pilihan warna yang cukup banyak dan tentunya enak di pandang yaitu :

  • Attitude Black Mica
  • Dark Brown Mica Metallic
  • Dark Grey Metallic
  • Silver Metallic
  • White Pearl Crystal Shine

Fitur Toyota Camry

Fitur Toyota Camry Fitur Toyota Camry

Sebagai mobil kelas atas, Toyota Camry memiliki fitur yang sangat lengkap. Hal ini pun di dukung oleh penghargaan yang diraihnya yaitu sebagai mobil yang memiliki tingkat keamanan tertinggi dengan rating 5 bintang oleh NHTSA.

Fitur Toyota Camry Fitur Toyota Camry

Fitur keamanan dan keselamatan yang dimiliki Toyota Camry berupa 10 unit SRS AirBags, Pre-Collision System, dan Star Safety System (VSC, TRAC, ABS, EBD, BA & SST). Sementara itu, fitur kenyamanan yang dimiliki oleh mobi sedan high class ini sangat lengkap yaitu berupa audio unit 2 DIN Display 6 Inchi Touchscreen dan New 8 Premium JBL Green Edge, AC (3 Zone) Rear Seat Controler, Rear Seat Relaxation System, CVT, Parking Camera, dan Steering Switch. Sebetulnya masih banyak fitur – fitur yang di miliki mobil sedan high class ini dan tak cukup waktu untuk membahasnya satu persatu pada ulasan kami kali ini.

Tipe / Jenis Toyota Camry

Seperti yang telah di singgung sedikit pada pendahuluan tersebut di atas, Toyota telah resmi meluncurkan mobil baru di lini sedan high class nya yaitu Toyota Camry yaitu Toyota Camry 3.5 Hybrid A/T. Dengan peluncuran Toyota Camry 3.5 Hybrid A/T ini, Toyota semakin memperdalam pangsa pasar mobil sedan miliknya ini. Hingga saat ini, Toyota Camry memiliki 3 tipe yang mana tipe 3.5 Hybrid A/T menduduki posisi puncak. Di bawah tipe 3.5 Hybrid A/T terdapat tipe 2.5 V A/T yang merupakan tipe menengah dari Toyota Camry. Dan posisi paling bawah di huni oleh Toyota Camry 2.5 G A/T.

Ke tiga tipe mobil sedan high class milik Toyota ini tak serta merta memiliki fitur dan kelengkapan yang sama persis. Dengan kata lain, Tipe tertinggi yaitu tipe 3.5 Hybrid A/T benar – benar hadir sebagai mobil sedan tercanggih dari Toyota Camry dan tipe terendah yaitu tipe 2.5 G A/T memiliki fitur dan kelengkapan di bawah ke dua tipe lainnya. Perbedaan tipe – tipe Toyota Camry dapat di lihat mulai dari kemampuan jantung pacu yang di miliki. Untuk tipe 2.5 G A/T dan tipe 2.5 V A/T sama – sama menggunakan mesin dengan nomor seri 2AR-FE yang memiliki 6 speed AT Sequential dengan 16 katup pada 4 cilinder segaris berteknologi DOHC dan VVT-i. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 181 PS pada putaran mesin 6,000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 23.3 Kg-m pada putaran mesin 4,000 rpm. Mesin tipe ini memiliki Gear Ratio 1st 3.300, Gear Ratio 2nd 1.900, Gear Ratio 3rd 1.420, Gear Ratio 4th 1.000, Gear Ratio 5th 0.713, Gear Ratio 6th 0.608, Gear Ratio Reverse 4.148, dan Gear Ratio Final 3.815. Sedangkan untuk tipe tertinggi dari Toyota Camry yaitu tipe 3.5 Hybrid menggunakan mesin dengan nomor seri 2AR-FXE yang telah menggunakan transmisi terbaru yaitu teknologi CVT. Mesin milik Toyota Camry 3.5 Hybrid ini merupakan tipe Hybrid V6 yang memiliki 24 katup pada 8 silinder segaris berteknologi DOHC dan Dual VVT-i. Toyota mengklaim bahwa tipe tertinggi dari Toyota Camry ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 277 PS pada putaran mesin 6.200 rpm dengan torsi maksimal mencapai 35.3 Kg-m pada putaran mesin 4.700 rpm. Gear Ratio Final milik tipe 3.5 Hybrid A/T pun lebih baik yaitu hanya 3.542.

Selain memiliki perbedaan di sektor jantung pacu, setiap tipe Toyota Camry juga memiliki perbedaan pada ukuran dimensi yang mana tipe 2.5 G A/T dan memiliki bobot seberat 1.480 kg, sedangkan tipe 2.5 V A/T memiliki bobot lebih berat 20 kg yaitu mencapai 1.500 kg, dan tipe yang terakhir memiliki bobot paling berat yaitu mencapai 1.610 kg. Untuk tipe 2.5 G A/T dan tipe 2.5 V A/T memiliki kapasitas tangki bahan bakar yang cukup luas yaitu mencapai 70 liter sedangkan tipe 3.5 Hybrid hanya mampu menampung bahan bakar sebanyak 65 liter.

Sekarang kita lirik bagian fitur dan teknologi keamanan maupun keselamatannya. Untuk tipe terendah, Toyota Camry memiliki fitur additional brake system berupa ABS, EBD dan BA. Sedangkan tipe menengah memiliki fitur milik tipe terendah dengan tambahan fitur yaitu VSC. Lalu tipe tertinggi memiliki fitur rem tambahan yang paling lengkap yaitu ABS, EBD, BA, VSD, ECB-R Type, TRC, dan HAC. Tak hanya itu saja, fitur dan kelengkapan tipe 2.5 G A/T dan 2.5 V A/T memiliki 2 unit SRS AirBags pada bagian dashboard depan guna pengamanan pengemudi dan penumpang bagian depan. Sedangkan tipe Hybrid mendapatkan pembaruah yaitu terdapatnya 7 buah SRS AirBag yang mana di letakan pada dashboard depan (2 buah), kedua sisi samping, bingkai jendela, dan lutut pengemudi. Selain itu, Toyota Camry 3.5 Hybrid pun telah di sematkan fitur Toyota Emergency Brake Signal untuk meningkatkan keselamatan perjalanan yang mana fitur ini tidak terdapat pada ke dua tipe lainnya.

Beralih kebagian ekterior. Sebagai mobil sedan high class, Toyota Camry memiliki tampilan yang sangat menawan dan lebih elegan. Akan tetapi, Toyota memberikan perbedaan yang cukup signifikan pada setiap tipe mobil sedan milik nya ini. Perbedaan di bagian eksterior akan terasa pada warna Handel Grip, License Garnish, dan Side Protection yang mana pada tipe 2.5 G di balut dengan warna senada dengan warna body, sedangkan pada tipe 2.5 V dan 3.5 Hybrid telah di hiasi dengan warna Chrome. Selain itu, desain eksterior Toyota Camry 3.5 Hybrid hadir lebih elegan dengan lekukan yang lebih maskulin dan menawan.

Tak berbeda jauh dengan bagian desain eksterior, pada bagain ruang kabin atau secara luasnya lebih dikenal dengan bagian interior, Toyota memberikan perbedaan yang cukup signifikan. Pada tipe 2.5 V dan 3.5 Hybrid telah di lengkapi dengan fitur berupa Rain Sensor, Corner Sensor, Bluetooth, Cruise Control, Electric Limbar Support, Electric Sliding, Reclining, Hight Adjuster (Front Seat), dan Mode Lounge (Front Passanger Seat Reclined 100%). Sedangkan tipe terendah yaitu tipe 2.5 G belum memiliki kelengkapan ini. Perbedaan selanjutnya akan terlihat pada bagian setir kemudi yang mana pada tipe 2.5 G menggunakan setir kemudi 4 Spoke berbahan Urethane, sedangkan pada tipe 2.5 V dan 3.5 Hybrid telah menggunakan bahan kulit. Selanjutnya juga terdapat fitur Start Smart yang mana fitur ini dapat memudahkan pengguna untuk menghidupkan mobil hanya dengan sekali menyentuh tombol. Fitur ini hanya terdapat pada tipe 2.5 V dan 3.5 Hybrid.

Untuk sektor entertainment, Toyota Camry 3.5 Hybrid kembali lebih unggul berkat adanya 2 buah LCD monitor pada bagian depan dan belakang dengan di sertai 10 unit speaker. Sedangkan tipe 2.5 G dan 2.5 V hanya memiliki 1 unit LCD monitor pada bagian depan dengan 8 unit speaker. Lalu perbedaan yang terakhir dapat di rasakan berkat fitur canggih terbaru dari Toyota yang hanya di sematkan khusus untu tipe 3.5 Hybrid saja. Fitur tersebut yaitu Wireless Charger yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin mengisi daya baterai tanpa menggunakan kabel dan fitur Advanced Air Conditioner Nanoe yang berfungsi untuk menjaga kelembaban di seluruh ruang kabin. Perbedaan – perbedaan antara setiap tipe Toyota Camry ini turut mempengaruhi harga yang di banderol. Tak tanggung – tanggung, perbedaan harga dari tipe terendah hingga tertinggi saja mencapai hampir 20 juta rupiah. Perbedaan yang cukup jauh ini di nilai sepadan dengan fitur dan kemampuan yang di miliki tipe tertinggi dari mobil sedan high class milik Toyota ini. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan tipe – tipe Toyota Camry, mari simak tabel dibawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Toyota Camry
Pembeda Tipe
2.5 G A/T 2.5 V A/T 3.5 Hybrid A/T
Additional Brake System ABS, EBD, dan BA ABS, EBD, BA, dan VSC ABS, EBD, BA, VSC, ECB-R Type, TRC, dan HAC
Tires Size 215/60 R16 215/55 R17
Transmition Tipe 6 Speed AT Sequential 6 Speed AT Sequential CVT
Gear Ratio 1st 3.300
Gear Ratio 2nd 1.900
Gear Ratio 3rd 1.420
Gear Ratio 4th 1.000
Gear Ratio 5th 0.713
Gear Ratio 6th 0.608
Gear Ratio Reverse 4.148
Gear Ratio Final 3.815 3.542
Seri Mesin 2AR-FE 2AR-FXE
Tipe Mesin In-Line 4 Cylinders, 16 Valve, DOHC, dan VVT-i Hybrid, V6, In-Line 8 Cylinders, 24 Valve, DOHC, dan Dual VVT-i
Bore x Stroke (mm) 90.0 x 98.0
Tenaga Maksimal 181 PS / 6,000 rpm 277 PS / 6.200 rpm
Torsi Maksimal 23.3 Kg-m / 4,000 rpm 35.3 Kg-m / 4,700 rpm
Fuel Capacity 70 liter 65 liter
Berat Kosong 1.480 kg 1.500 kg 1.610 kg
Roda Kemudi 4 Spoke with Urethane material 4 Spoke with bahan kulit
Start Smart Ya
Handle Grip Color Body Chrome
License Garnish Color Body Chrome
Side Protection Molding Body Chrome
Rain Sensor Ya
Corner Sensor Ya
Bluetooth Ya
Cruise Control Ya
Electric Limbar Support Ya
Electric Sliding Ya
Reclining Ya
Height Adjuster (Front Seat) Ya
Mode Lounge (Front Passanger Seat Reclined 100%) Ya
Wireless Charger Ya, di konsol tengah
Advanced Air Conditioner Nanoe Ya
LCD Monitor Ya, 1 Unit (Front) Ya, 2 Unit (Front & Rear)
Speaker Ya, 8 Unit Ya, 10 Unit
SRS AirBags Ya, 2 Unit Ya, 7 Unit
Toyota Emergency Brake Signal Ya

 

Spesifikasi Toyota Camry

Pada point tipe / jenis Toyota Camry tersebut di atas telah di jelaskan perbedaan antara tipe – tipe Toyota Camry di setiap inchi nya. Pada point spesifikasi Toyota Camry ini, kita akan melirik lebih dalam lagi mengenai spesifikasi mobil mewah milik Toyota ini. Perlu di garis bawahi, spesifikasi yang telah kami sediakan pada tabel di bawah ini merupakan persamaan dari setiap tipe – tipe Toyota Camry. Baiklah, untuk mempersingkat waktu mari simak tabel spesifikasi Toyota Camry dibawah ini :

Spesifikasi Toyota Camry

Mesin
  • Sistem Pemasukan Bahan Bakar : EFI
  • Bahan Bakar : Gasoline
Dimensi  

  • Panjang : 4.850 mm
  • Lebar : 1.825 mm
  • Tinggi : 1.470 mm
  • Jarak Pijak depan : 1.580 mm
  • Jarak Pijak belakang : 1.570 mm
  • Jarak Poros Roda : 2.775 mm

 

Suspensi / Kaki-Kaki  

  • Suspensi Depan : MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang : Dual-Link
  • Rem Depan : Ventilated disc
  • Rem Belakang : Solid Disc
  • Steering Gear : Rack & Pinion
  • System kemudi : Power Steering EPS

 

Eksterior  

  • Head Lamp
  • Fog Lamp
  • Grill
  • Emblem
  • Stop Lamp
  • Lampu sign Tambahan Samping
  • Velg Roda
  • Kaca spion
  • Wiper Depan

 

Interior  

  • Meter Kombinasi
  • Roda Kemudi
  • Audio
  • Air Conditioner
  • Kursi Depan : Head rest, sliding, height adjuster, receling
  • Arm Rest Belakang
  • Lumbar Support
  • Tirai UV
  • Sensor Hujan
  • Kamera Belakang

 

Fitur dan Keamanan
  • Anti-Skid Brakes (ABS)
  • Electronic Brake Distribution (EBD)
  • Brake Assist (BA)
  • Dual SRS Airbag
  • Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter
  • Immobiliser

Teknologi Mesin Toyota Camry

Kalau bicara mengenai jantung pacu, Toyota Camry akan melaju paling depan. Tak hanya menyuguhkan desain eksterior & interior yang menawan dan di dukung oleh fitur – fitur canggih, Toyota Camry memiliki tenaga mesin yang sangat – sangat baik di kelasnya. Seperti jargonnya yaitu True Spirit, True Power, Toyota menyematkan mesin berkonfigurasi V6 yang telah memiliki kapasitas sebesar 3.5 liter dengan 24 katup yang memiliki teknologi DOHC Dual VVT-i. Mesin kelas atas ini mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 277 PS / 6.200 rpm dengan torsi maksimal mencapai 35.3 Kg-m / 4.700 rpm. Dengan kemampuan tersebut, Toyota Camry mampu melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 220 km/jam yang mana untuk mencapai kecepatan 100 km/jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu 9.1 detik. Tak hanya memiliki akselarasi cepat, Toyota Camry telah mendukung teknologi EFI yang berfungsi untuk menghemat konsumsi bahan bakar.