Toyota sepertinya ingin menguasai pasar penjualan mobil Indonesia. Setelah mengeluarkan mobil model MPV terbarunya yaitu Toyota Sienta. Sekarang giliran Toyota Calya dihadirkan ke publik. Toyota Calya resmi diluncurkan pada saat GIIAS 2016 pada 2 Agustus lalu. Nama Calya sendiri dilansir memiliki arti sempurna yang diambil dari bahasa sanksekerta. Mobil kelas LCGC besutan Toyota ini siap melengkapi varian – varian mobil MPV atau mobil keluarga yang telah dikeluarkan Toyota sebelumnya. Dengan kapasitas muatan hingga 7 penumpang, Toyota Calya terbilang memiliki harga yang terjangkau. Memiliki bentuk bodi yang lebih besar dan Simple, namun tetap tidak meninggalkan kesan Elegan. Berbekal mesin Dual VVT-I dengan kapasitas 1.197 cc dengan varian sistem transmisi otomatis dan manual. Ingin mengetahui lebih lanjuk seluk beluk Toyota Calya?. Mari simak ulasan dari mobil keluaran Toyota ini.

Desain Toyota Calya

Desain Toyota Calya 

Tampilan yang tak beda jauh dengan Toyota Avanza membuat Toyota Calya disebut sebut sebagai adik dari Toyota Avanza. Terlihat dari desain bagian depan mobil Toyota Calya yang juga  di lengkapi grille berukuran besar. Grile ini sangat bermanfaat sebagai pendinginan mesin yang optimal dan jauh lebih cepat. Begitupun pada bumper nya, terlihat jelas ciri khas emblem mobil kelas LCGC nya. Mengusung konsep desain stylish dan modern, Toyota Calya memiliki fog lamp dengan tampilan melekuk dan dilengkapi dengan ornamen chrome yang eksklusif serta lampu depan yang dirancang dengan sudut yang tajam menyerupai pendahulunya yaitu Toyota Avanza.

Desain Toyota Calya Desain Toyota Calya

Beralih ke bagian tengah Toyota Calya, Mobil bermuatan 7 orang ini memiliki body yang cukup panjang dan sedikit lekukan pada body nya. Pada bagian bawah Toyota Calya dilengkapi dengan lubang udara serta desain pelek sporty two tone machining dengan diameter 14 inch. Lanjut ke bagian belakang, secara desain, mobil ini mengadopsi desain lampu milik Toyota Kijang Inova dengan dimensi yang lebih kecil. Desain lampu belakang Toyota Calya di desain sedikit melebar. Desain plat nomor yang mirip dengan Toyota Agya. Perpaduan desain yang mengadopsi pendahulu – pendahulunya seperti Toyota Avanza, Kijang Inova dan Toyota Agya ini menghasilkan desain yang ciamik sebagai alternatif yang sedikit lebih murah dibandingakan kelas MPV Toyota Avanza, namun demikian tetap tidak meninggalkan kesan simple, modern dan Elegan. Secara keseluruhan desain luar Toyota Calya dapat disimak pada tabel dibawah ini

Desain Toyota Calya
Overall Panjang / Length (mm) 4070
Overall Lebar / Width (mm) 1655
Overall Tinggi / Height (mm) 1600
Jarak Poros Roda / Wheelbase mm) 2525
Jarak Pijak / Tread (Depan/Front) 630
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear) mm 915
Fog Lamp
Rear Combination Lamp X

Interior Toyota Calya

 Interior Toyota Calya

Puas membahas eksterior Toyota Calya yang elegan, saat nya kita membedah bagian dalam. Dengan nuansa hitam dan coklat tua yang mendominasi interiornya terlihat lebih mewah. Ruang kabin yang cukup luas dan dashboard multilayer serta terdapat ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan beberapa barang.

Interior Toyota Calya Interior Toyota Calya

Untuk desain kursi, Toyota Calya kursi yang cukup tebal dan muatan yang lega dengan desain yang mengadopsi desain jok Toyota lainnya. di baris kedua memakai milik Avanza, dan kursi baris ketiganya mirip dengan kepunyaan Kijang Innova namun tanpa headrest tengah. Pada bagian atap baris ketiga dilengkapi dengan bubble head lining yang menjamin keamanan penumpang meski beratap rendah.

 

 

Interior Toyota Calya Interior Toyota Calya

Tak hanya itu saja, kabin dari Toyota Calya ini memang dirancang lebih luas sehingga bisa menopang hingga 7 penumpang. pada bangku baris ke 2 dan ke 3 tampak luas dan nyaman. Dan jika dilihat dari samping kabin dari Toyota Calya ini pun mengadopsi desain kabin Toyota Avanza.  Menyoal kenyamanan tepat di bawah logo Toyota bagian setir Toyota Calya, terdapat logo SRS Airbag. Kemudian, di depan kursi penumpang juga dilengkapi airbag. Untuk Audio terdapat pada samping transmisi. Dan makin sempurna dengan finger rest yang terletak disamping palang setir kemudi tak lupa logo Toyota ditengahnya.

Interior Toyota Calya Interior Toyota Calya

Warna Toyota Calya

Warna Toyota Calya

Pilihan warna yang disediakan Toyota Calya cukup beragam , berikut masing – masing detail warna mobil Toyota Calya :

  • Red
  • Black
  • Grey Metalic
  • Orange Metalic
  • Silver Mica Metalic
  • White

Fitur Toyota Calya

Fitur Toyota Calya Fitur Toyota Calya

Fitur keamanan menjadi penaranan penting bagi jaminan keselamatan pengemudi dan penumpang. Hal itu pun menjadi perhatian Toyota Calya dalam menghadirkan fitur keamanannya.

Fitur Toyota Calya Fitur Toyota Calya

Adapun fitur – fitur keamanan yang unggul dan dihadirkan Toyota Calya adalah immobilizer key agar terhindar dari pencurian, dual srs airbas yang menjamin perlindungan lebih, 3 point seatbelt yang dilengkapi dengan pretensioner dan force limiter, isofix sebagai standar internasional untuk pemasangan tambahan kursi bayi dan balita, dan dilengkapi dengan rear parking sensor yang membantu pengemudi saat parkir, serta anti – theft system yang mampu memberi ketenangan tambahan dan keamanan yang lebih terjaga. Selengkapnya dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Keamanan dan Kenyamanan
Immobilizer Ya
Dual SRS Airbag Ya
Seat Bealt Ya
ISOFIX Ya
ABS Tidak Ya
Rear Parking Sensor Ya
Anti Theft System Toyota
Rear AC Circulator Ya
One Touch Tumble Ya
Headreast All

Selain itu Toyota Calya juga dilengkapi dengan rear AC yang mampu menjaga kestabilan suhu kabin belakang. Toyota Calya ini juga didukung dengan sistem pengereman canggih di mana untuk varian E, pada rem depan akan mengandalkan rem cakram. Sedangkan, untuk rem belakang masih mengandalkan rem tromol. Sedangkan, untuk varian G sudah menggunakan rem ABS. Untuk menambah kenyamanan pengguna Toyota Calya hadir juga dengan fitur entertaiment yaitu audio dan video system hingga port USB untuk mendukung kebutuhan konektivitas gadget. Tak ketinggalan juga, 2 speaker untuk model E dan 4 speaker untuk model G siap memberikan kenyamanan fitur audionya. MID Digital yang akan selalu siap memberikan data realtime kendaraan kepada pengemudinya. Menginjak pada fitur keselamatan. Dengan adanya fitur – fitur tersebut membuat Toyota Calya diperhitungakan sebagai mobil keluarga yang unggul dan mampu bersaing dipasarnya.

Spesifikasi Toyota Calya

Berbekal mesin tipe 3NR-FE, Toyota Calya disebut sebut mengadopsi tibe Etios Valco namun dengan penyesuaian kapasitas kabin. Dengan tekhnologi Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga yang besar mencapai 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimum hingga 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm, sehingga Anda tak perlu khawatir menunggangi mobil ini ketika muatan maximum.

Kapasitas mesin Toyota Calya mencapai hingga 1.197 cc dengan 4 silinder. Soal transmisi, Toyota Calya dihadirkan dengan transmisi 5 percepatan atau otomatis 4-percepatan dan rasio kompersi 11,5 berbanding 1. Pembakaran yang sempurna membuat konsumsi bahan bakar yang diperlukan Toyota Calya lebih irit dan ramah lingkungan, sesuai dengan persyaratan mobil dengan kategori LCGC mencapai 1 : 20, atau 1 liter untuk 20 km perjalanan. Untuk kapasitas tangki bahan bakar yaitu 36 Liter. Keunggulan ini tentu dapat menarik minat pembeli yang mencari mobil yang ekonomis. Disamping itu, suspensi Toyota Calya menggunakan MacPherson Strur with Coil Spring Stabilizer (depan), Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring (belakang dengan cakram depan, tromol belakang yang dilengkapi fitur ABS. Selengkapnya spesifikasi mesin dan performa Toyota Calya akan disajikan pada Tabel dibawah ini

Spesifikasi Mesin dan Performa
Transmisi / Transmition 5-Speed Manual 4-Speed Automatic 5-Speed Manual 4-Speed Automatic
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 1st 3.417 2.731 3.417 2.731
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 2nd 1.96 1.526 1.96 1.526
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 3rd 1.25 1 1.25 1
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 4th 0.917 0.696 0.917 0.696
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 5th 0.707 0.707
Perbandingan Gigi / Gear Ratio 6th
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Reverse 3.143 2.29 3.143 2.29
Perbandingan Gigi / Gear Ratio Final 5.077 4.839 5.077 4.839
Suspensi Depan / Front Suspension MacPherson Strut with Coil Spring and Stabilizer
Suspensi Belakang / Rear Suspension Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring
Rem Depan / Front Brake Ventilated Disc
Rem Belakang / Rear Brake Drum
Sistem Rem Tambahan / Additional Brake System
Steering Gear Rack and Pinion
Ukuran Ban / Tires Size 175/65R14 Two-Tone Machining Alloy
Seri Mesin / Machine Serial 3NR
Tipe Mesin / Engine Type In-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder / Displacement (cc) 1197
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm) 72.5 x 72.5
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm) 88 / 6,000
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm) Nop-00
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel System
Bahan Bakar / Fuel
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter) 36
Steering (Power Steering) Electronic Power Steering (EPS)

Berdasarkan penjelasan dan ulasan mulai dari desain eksterior, interior, mesin dan performa serta fitur keamanan yang ditawarkan Toyota Calya, mobil ini dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang menginginkan mobil keluarga namun tetap ekonomis dan ramah lingkungan.  Kapasitas mesin Toyota Calya mencapai hingga 1.197 cc dengan 4 silinder ini sangat cocok dibawa dijalanan perkotaan, apalagi sistem transmisi hingga 5 percepatan dan tersedia tipe yang automatic yang sangat membantu Anda dalam perjalanan padat kendaraan atau macet.